Di era Internet yang serba “terkoneksi” ini, akses ke dunia
maya sudah merupakan suatu “budaya” dari kehidupan manusia, terutama bagi
mereka yang sehari – hari bertatap muka dengan komputer, dan menggunakan
komputer untuk membantu segala pekerjaannya, walaupun ada juga yang
memanfaatkan Internet hanya sebagai hiburan.
Tiba – tiba, dalam keadaan yang sangat membutuhkan koneksi
internet, terjadi gangguan. Apa yang akan kita lakukan? Apakah menelpon call
center dari Provider Internet kita? Atau memulai untuk mencoba menemukan solusi
atas masalah jaringan komputer yang sedang kita alami? Menurut survey yang
dilakukan pada IT-Helpdesk Internet Service Provider di Indonesia, sebagian
besar gangguan yang butuh penanggulangan lama adalah gangguan yang terjadi di Pihak
Customer, entah itu perubahan konfigurasi yang tidak disengaja, ataupun
hardware yang mengalami gangguan, karena gangguan semacam itu menuntut pihak
IT-Helpdesk untuk mengidentifikasi penyebab gangguan dari jarak jauh, yang
tentunya membutuhkan waktu.
Bandingkan dengan kondisi begini : Jika terjadi gangguan
internet, kita sebagai pengguna internet bisa mencoba memulai trouble-shooting
sebagai berikut :
- Cek media jaringan anda, apakah secara fisik, semua media jaringan sudah dipasang / diaktifkan dengan benar? Media jaringan mencakup hardware jaringan komputer seperti modem GSM / CDMA, kabel LAN, Wireless Receiver, Wireless Router, Switch, modem, dsb.
- Cek IP Address, apakah device anda sudah mendapat IP Address yang benar?
- Cek konektivitas Local Area Network (LAN) dengan melakukan “ping” ke modem / router anda
- Cek konfigurasi modem / router, apakah masih sesuai dengan yang seharusnya?
Jika tahap – tahap tersebut sudah anda lakukan dan anda
yakin bahwa semua berfungsi dengan baik dan benar, namun permasalahan belum
terselesaikan, ini berarti gangguan bukan pada peralatan anda (Customer
Premises Equipment / CPE). Untuk itu, anda boleh menghubungi Internet Service
Provider (ISP) anda untuk meminta bantuan
perbaikan.
Namun pada kondisi lain, Jika ternyata tahap – tahap
tersebut sudah anda lakukan, dan anda berhasil menemukan kesalahan di Local
Area Network dan memperbaikinya, maka berarti kegiatan anda untuk memanfaatkan
internet bisa tetap berlangsung kembali. Keadaan seperti ini adalah suatu
perwujudan dari masyarakat yang sudah tidak buta teknologi, sudah mandiri dan
tidak terlalu tergantung pada pihak lain. Keadaan ini tentunya merupakan suatu
kondisi ideal yang kita harapkan, dimana penghematan waktu (bahkan biaya) bisa
kita lakukan, dan pekerjaan kita tidak tertunda terlalu lama.
Pada beberapa kasus, orang – orang yang belajar ilmu
jaringan komputer dimana tujuan awalnya adalah untuk “sekedar untuk menambah
ilmu”, menemukan bahwa ternyata ilmu jaringan komputer ini membuka suatu lahan
wiraswasta baru bagi mereka, contohnya adalah para pengusaha warnet.
Masih banyak lagi contoh manfaat kita belajar Ilmu Jaringan
Komputer. Untuk pembelajaran yang maksimal, pastikan anda belajar ilmu komputer
di institusi yang terpercaya, dengan komposisi praktikum yang memadai sehingga
anda bisa menguasai ilmu Jaringan Komputer dengan baik.
Sumber : http://binuscenterblog.wordpress.com/2013/05/21/manfaat-belajar-jaringan-komputer/
Sumber : http://binuscenterblog.wordpress.com/2013/05/21/manfaat-belajar-jaringan-komputer/